Langsung ke konten utama

Dolar dan peziarah: Orang Iran khawatir kas Saudi Yaman akan membiayai perang

Madinah Indah Wisata Tempatnya Umroh Murah Di JAKARTA

Setiap tahun, Shamsedin Akhlaghi mengatur kelompok peziarah Iran menuju ke Arab Saudi untuk Haji.

Bukan tanpa komplikasi: ini termasuk mengatur dokumen, mengangkut para peziarah ke Mekkah dan Madinah dan mengawasi kekayaan mereka - banyak yang lanjut usia.

Tapi untuk ziarah tahun ini, yang dimulai pada 19 Agustus, faktor baru telah dilemparkan ke dalam campuran volatil: pemerintah Iran berencana menawarkan subsidi $ 200 untuk setiap peziarah.

Kritikus mengatakan uang itu, yang disediakan oleh negara, pada akhirnya akan menetes ke dalam perang bahwa Riyadh memimpin melawan pasukan pemberontak di Yaman - sebuah perang di mana Teheran mendukung Houthi, kelompok yang memerangi koalisi Saudi.

Kekuatan perasaan di media sosial Iran begitu kuat sehingga ia telah berhasil mencapai prestasi yang hampir mustahil: menyatukan pendapat antara blok-blok saingan garis keras tradisional dan reformis.

"Kami mungkin memiliki sejumlah masalah dengan orang-orang Saudi, tetapi orang-orang dari seluruh dunia pergi ke Mekah untuk melakukan haji," kata Shamsedin. "Kehadiran kami di tengah suasana seperti itu dapat membantu untuk mengalahkan propaganda melawan kami. Saudis menyerang Iran secara lisan lebih dari Israel.

"Saya tidak berpikir uang jamaah Haji Iran akan menguntungkan Arab Saudi dan akan digunakan dalam perang melawan orang Yaman. Jumlah uang yang kita bawa ke Mekah dan Madinah tidak seberapa dibandingkan dengan belanja perang Saudi."

Tetapi ada orang-orang di Iran yang tidak setuju.

Bagaimana Haji menjadi latar belakang ketegangan
Selama beberapa dekade, Haji telah menjadi titik pusat sporadis antara Iran dan Arab Saudi.

Pertama, ada perbedaan yang melekat antara republik dan kerajaan: mayoritas orang Iran mengidentifikasi sebagai Syiah, sementara sebagian besar orang Saudi adalah Sunni.

Ahmad-Reza Tondgouyan, seorang profesor sejarah di Islamic Azad University, mengatakan kepada Middle East Eye bahwa ketegangan mencerminkan pentingnya ziarah.

"Saat ini, para pejabat kedua negara melakukan negosiasi atas Haji setiap tahun," katanya. "Ini masih merupakan jendela kesempatan bagi mereka untuk saling berdekatan, meskipun hubungan lain antara kedua negara telah terputus sejak 2016. "

Hubungan terpangkas pada 1979, dengan revolusi Iran dan deklarasi berikutnya dari republik Islam. Saudi, yang takut akan pemberontakan serupa di dalam negeri, menentang pemerintahan baru Iran dan mendukung pemimpin Irak Saddam Hussein selama perang delapan tahun melawan Tehran di tahun 80-an.

Pada Juli 1987, polisi Saudi menghadapi peziarah Iran yang memprotes Amerika Serikat dan Israel di Mekkah. Dalam kekerasan yang terjadi, lebih dari 400 orang tewas, termasuk setidaknya 275 orang Iran.

Ayatollah Ruhollah Khomeini pernah mengatakan bahwa bahkan jika negaranya dapat memaafkan Saddam Hussein dan Amerika, itu tidak akan pernah bisa memaafkan House of Saud.

Akbar Hashemi Rafsanjani, presiden Iran antara 1989 dan 1997, berhasil meningkatkan hubungan antara kedua negara. Ini dibangun oleh penggantinya, Mohammed Khatami, yang merupakan presiden dari tahun 1997 hingga 2005. Namun pada tahun 2015, lebih dari 450 peziarah Iran tewas dalam serangan, menyebabkan ziarah ditunda lagi selama dua tahun.

Peziarah Iran kembali pada tahun 2017 di tengah laporan tentang berkurangnya persaingan antara kedua negara. Namun ketegangan antara Riyadh dan Teheran tetap tinggi karena mereka terus memainkan Perang Dingin Timur Tengah di Suriah, Yaman, Lebanon dan di tempat lain.

Krisis ekonomi memicu kemarahan
Jumlah peziarah yang dapat pergi haji setiap tahun tergantung pada kuota yang ditetapkan oleh Arab Saudi untuk setiap negara. Tahun ini, hingga 90.000 orang Iran bisa melakukan ziarah.

Pada 29 Juni, pejabat Haji di Iran mengatakan bahwa mereka akan mensubsidi para peziarah. Ini sendiri tidak biasa: pemerintah sering menjual dolar bersubsidi kepada para peziarah melalui bank pemerintah.

Tapi apa yang membuat orang kesal tahun ini adalah tingkat 39.000 real untuk satu dolar Amerika - meskipun dolar sedang dipertukarkan di pasar Forex sekunder sekitar 85.000 rial.

Tapi subsidi telah membuat marah banyak orang Iran, yang berjuang setelah ekonomi terguncang oleh penarikan AS pada Mei dari kesepakatan nuklir 2015 (JCPOA), serta rasial yang mencapai rekor terendah terhadap dolar.

Pada Januari 2017, satu dolar Amerika senilai 32.400 real. Setahun kemudian, jumlahnya meningkat menjadi 36.000. Sekarang sudah bangkit kembali, pada saat penulisan, menjadi 43.500 dengan tarif resmi.

Awal tahun ini ada kerusuhan ketika para demonstran berdemonstrasi menentang korupsi dan keadaan ekonomi. Beberapa orang sekarang menyerukan larangan haji, mengatakan bahwa subsidi - dan bahkan mengatur ziarah - adalah gangguan yang saat ini dapat dibayar oleh negara.

Kritik juga mengatakan bahwa sementara setiap Muslim diharapkan untuk melakukan ziarah pada suatu saat dalam kehidupan mereka, hanya jika mereka secara finansial mampu melakukannya.



Masood Pouya, seorang wartawan politik, mengatakan kepada Middle East Eye bahwa Haji akan terus berlanjut, mengingat bahwa sebagian besar masyarakat Iran adalah agama, tetapi ia menentangnya.



"Orang-orang tidak senang dengan menghabiskan uang di Arab Saudi dan menguntungkan penguasanya," katanya. "Ini terjadi ketika sejumlah besar mahasiswa Iran berada di luar negeri menghadapi masalah karena menerima pukulan hambatan."



Oposisi terbukti di media sosial. Seorang pengguna mengatakan bahwa menggunakan uang di Saudi adalah serangan terhadap orang miskin:





شما #



@bbcshoma

 · 9 Juli 2018

 برنامه امروز با احسان آمرطوسی شروع شد. امروز درباره انتقادها از اعزام # حجاج ایرانی با دلار ۳۹۰۰ تومانی صحبت می کنیم. # شما # گرانی # ارز





Farhad

@Farhad_R_F

با افزایش قیمت 9000 # دلار تومنی و نابسامانی اقتصادی و بازار, چرا حاکمیت و مردم توانایی تحریم عربستان و مراسم حج رو ندارن.خرج کردن دلار 3900 تومانی در عربستان ظلم به مردم ایران که نیازمند هستند, است.



10:10 - 9 Juli 2018

9

Lihat Tweet Farhad lainnya

Info dan privasi Iklan Twitter



شما #



@bbcshoma

 · 9 Juli 2018

 برنامه امروز با احسان آمرطوسی شروع شد. امروز درباره انتقادها از اعزام # حجاج ایرانی با دلار ۳۹۰۰ تومانی صحبت می کنیم. # شما # گرانی # ارز





Farhad

@Farhad_R_F

با افزایش قیمت 9000 # دلار تومنی و نابسامانی اقتصادی و بازار, چرا حاکمیت و مردم توانایی تحریم عربستان و مراسم حج رو ندارن.خرج کردن دلار 3900 تومانی در عربستان ظلم به مردم ایران که نیازمند هستند, است.



10:10 - 9 Juli 2018

9

Lihat Tweet Farhad lainnya

Info dan privasi Iklan Twitter

Yang lain menunjukkan bagaimana Saudi telah melobi untuk menjatuhkan sanksi terhadap Iran.





Pak Strategist🇮🇷

@oldensan

 در تاریخ خواهند نوشت کشور عربستان سعودی با دلارهایی که از سفر حجاج ایرانی به عربستان به دست می آورد, برای تحریم ایران و رساندن ایران به شرایط نفت در مقابل غذا لابی می کرد. # تحریم_نفتی # تحریم_حج # حج_رانتی



9.34 - 29 Jun 2018

52

Lihat Tweets lainnya milik Pak Strategist

Info dan privasi Iklan Twitter

Terjemahan: "Ini akan ditulis dalam sejarah bahwa Arab Saudi diberi sanksi untuk diterapkan terhadap Iran dan Iran didorong ke arah minyak untuk kondisi makanan melalui dolar [pemerintah Saudi] yang diperoleh dari perjalanan para peziarah Iran."



Di Tunisia, Fadhel Ashour, seorang pejabat senior dalam Persatuan Imam Tunisia, mengatakan pada bulan Juni bahwa imam besar negara itu harus mengeluarkan dekrit untuk memboikot Haji ketika mereka mengasumsikan uang digunakan oleh Arab Saudi untuk "membunuh" Yaman.



Komentar itu mengejutkan sebagian orang di Iran. Situs berita moderat Entekhab menulis pada 2 Juli: "Setidaknya belajar dari Tunisia, itu tidak ingin Yaman dihancurkan. Lebih lanjut tentang Haji [upacara]."



Dan ulama reformis terkemuka Mohammad-Ali Abtahi mentweet pada 1 Juli:





Mohamad Ali Abtahi

@abtahi_m

 هیچ دلیل شرعی و قانونی برای دادن تسهیلات مالی به حجاج - مثل ارزان حساب کردن ارز - وجود ندارد. در شرع آمده است وقتی فردی مستطیع شد باید حج برود.

وظیفه حکومت اسلامی نیست که مردم را مستطیع کند.

کسی هم که مستطیع نیست واجب نیست به حج برود.

حج‌عبادت است ، پول حلال می خواهد



5:50 - 1 Juli 2018

3,187

472 orang membicarakan hal ini

Info dan privasi Iklan Twitter

Terjemahan: "Tidak ada alasan hukum atau agama untuk memberikan bantuan keuangan kepada Jamaah Haji. Menurut hukum agama, ketika seseorang memiliki kemampuan keuangan, maka dia harus melakukan haji. Kewajiban pendirian Islam tidak memberikan orang dengan bantuan keuangan [untuk melakukan haji]. Mereka yang tidak memiliki kemampuan keuangan, tidak wajib pergi ke Haji. "



Sementara itu, anggota parlemen garis keras Ahmad Amirabadi Farahani, anggota dari Front Endurance partai ultra-konservatif, mengatakan pada 5 Juli bahwa itu tidak tepat untuk mensubsidi para peziarah sementara tidak ada subsidi untuk membeli obat.



Ayatollah mendukung rencana itu

Tetapi pendukung Haji juga menonjol, tidak terkecuali di kalangan pendirian Iran.



Ayatollah Ali Khamenei mengatakan pada 16 Juli bahwa menjaga jamaah haji dari Mekah mencegah mereka melakukan haji.



"Mereka yang membuat langkah ini - pemerintah dan administrasi yang membuat kesalahan besar ini - mundur dari jalan Tuhan. Konsep haji harus dipahami dan ditindaklanjuti."



'Haji adalah kebutuhan agama kami dan setiap orang Muslim harus melakukan itu. Ini adalah impian setiap Muslim di Iran untuk pergi ke Mekkah '



- Masoume Rezai, peziarah



Dan Ali Ghazi-Askar, wakil pemimpin tertinggi untuk urusan Haji, mengatakan pada 6 Juli bahwa ziarah tidak bisa dan tidak akan ditangguhkan.



Ghazi-Askar mengatakan bahwa tidak ada yang mengeluh ketika 750.000 peziarah Iran menuju Turki tahun ini dan ditambahkan ke 85.000 jamaah Haji, beberapa orang maju ke depan dan mengekspresikan mereka memprotes. Kritik telah menunjukkan bahwa nilai dolar kemudian berada pada 42.000 lebih rendah terhadap dolar.

Masoume Rezai, 54, yang pergi ke Haji dua tahun lalu, mengatakan bahwa ketika dia pergi, dia tidak mengambil uang ekstra, meskipun banyak yang melakukannya, untuk dibelanjakan di bazaar Saudi.

"Haji adalah kebutuhan agama kita dan setiap orang Muslim harus melakukan itu. Ini adalah impian setiap Muslim di Iran untuk pergi ke Mekkah."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bakso Mewah Medan

Bakso adalah makanan  jenis  bola daging  yang lazim ditemukan pada  masakan Indonesia . Bakso umumnya dibuat dari campuran  daging sapi  giling dan  tepung tapioka , akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari  daging   ayam ,  ikan , atau  udang  bahkan daging  kerbau . Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur  mi ,  bihun ,  taoge ,  tahu , terkadang  telur  dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak  pedagang kaki lima  hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di  pasar swalayan  ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti  mi goreng ,  nasi goreng , atau  cap cai. Bakso telah mengalami banyak inovasi , dan kini di kota medan tepatnya di Mie Ayam Jamur Medan ada Bakso Mewah yang isinya dalah campuran atau kumpulan dari beberapa jenis bakso

Lulusan Terbaik Al-Azhar Mesir menurut RI Dihadiahi Umrah

Lulusan terbaik pada wisuda 433 lulusan acara sarjana dan pascasarjana Universitas Al-Azhar Mesir dari Indonesia, Nurul Aini Azizah menerima hadiah beribadah umrah Travel Wisata Halal berdasarkan seorang pengusaha Mesir. "Nurul meraih predikat mumtaz ma'a martabah syaraf (summa cum laude). Atas prestasi yg diraih itu, seseorang pengusaha Mesir Muhammad Ragab memberi bantuan gratis umrah untuk perempuan   asal Jawa Timur ini," demikian disampaikan Dubes Indonesia buat Mesir, Helmy Fauzi, melalui cicitan yg diakses Antara menurut Twitter @CairoKbri di Jakarta, Ahad (7/10). Universitas Al-Azhar Mesir melakukan wisuda terhadap 433 lulusan acara sarjana & pascasarjana. Sebanyak 263 orang pada antaranya asal menurut Indonesia. Prosesi wisuda digelar di Al-Azhar Convention Center, Kairo, Mesir dalam Kamis (4/10) 2018. Aula yg berkapasitas 1.227 kursi itu pun tidak mampu menampung semua pengunjung wisuda. Alhasil, lobi primer gedung pun dipenuhi sahabat dan keluarga

Teh Tarik Mie Ayam Jamur

Teh tarik secara harfiah berarti 'teh tarik'. Minuman ini adalah campuran susu dan teh, dan dituangkan berulang-ulang antara dua kapal dari ketinggian, memberikannya puncak berbusa tebal. Proses ini mendinginkan teh untuk suhu minum yang optimal, dan membantu mencampur teh secara menyeluruh dengan susu kental. Hal ini juga dilakukan untuk memberikan rasa teh yang lebih baik. Teh tarik adalah minuman resmi untuk penggemar sepak bola, seperti bir di Eropa dan Inggris. Jadi, lain kali Anda menonton sepak bola, alih-alih memesan satu pint bir, pesan secangkir teh tarik berbusa! Mie Ayam Jamur Mahmud   Informasi Lebih Lanjut Unsur kecakapan memainkan peran ada dalam persiapan teh tarik. Kemampuan untuk menyeret aliran teh panjang di atas kepala para pengunjung tanpa memberi mereka mandi adalah hal baru yang menghibur bagi penduduk lokal dan turis. Di Malaysia, ada kesempatan di mana teh tarik berkumpul untuk kompetisi dan pertunjukan untuk menunjukkan keahlian mereka. Teh t